Sabtu, 21 Mei 2011

Fungsi-Fungsi Bimbingan Konseling

Beberapa ahli memberikan berbagai fungsi bimbingandan konseling yang beragam. Secara rinci, fungsi bimbingan dan konseling dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Fungsi Pemahaman, adalah fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman peserta didik tentang diri dan lingkungan.
2. Fungsi Pencegahan, adalah fungsi bimbingan dan konseling dalam upaya mencegah peserta didik agar tidak menemui permasalahan yang akan dapat mengganggu, menghambat, atau menimbulkan kesulitan dalam proses perkembangannya.
3. Fungsi Perbaikan, adalah fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.
4. Fungsi Pemeliharaan, adalah fungsi bimbingan dan konseling untuk menjaga agar perilaku peserta didik yang sudah baik jangan sampai rusak kembali.
5. Fungsi Pengembangan, adalah fungsi bimbingan dan konseling dalam mengembangkan seuruh potensi dan kekuatan yang dimiliki peserta didik.
6. Fungsi Penyaluran, adalah fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik untuk memilih dan memantapkan penguasaan karir yang sesuai dengan bakat, minat, keahlian, dan ciri-ciri kepribadiannya.
7. Fungsi Penyesuaian, adalah fungsi bimbingan dan konseling
8. Fungsi Adaptasi

Dari sejumlah fungsi yang dikemukakan di atas, Nana S. Sukmadinata (2007) menyatakan secara umum program layanan bimbingan dan konseling mempunyai empat fungsi utama, yaitu (1) Pemahaman individu; (2) Pencegahan dan pengembangan; (3) Penyesuaian diri; dan (4) Pemecahan masalah.

1 komentar:

taufik mengatakan...

betul-betul-betul2x

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates